Prinsip Dasar Marketing Analytics | LPK Sejati Anugrah Indonesia
LPK Sejati Anugrah Indonesia – Membangun customer engagement yang baik pada perusahaan umumnya menggunakan data konsumen sebagai promosi modern marketing. Supaya data tersebut berguna harus di organisir dan ditampilkan secara kreative agar lebih mudah dimengerti.
Alat yang digunakan untuk menampilkan data visual sebagai sumber penilaian tentang performa kampanye marketing disebut Marketing analytics dashboard, Dashboard memberikan akses pada masyarakat yang tak memiliki background science data yang digunakan untuk melihat performa dari promosi marketing secara langsung, Dashboard juga bisa membantu dalam memudahkan proses analisis dan pengambilan keputusan di masa yanga akan datang.
Kedinamisan visual yang tinggi seperti adanya charts, grafik dan plots yang dapat menarik data secara automatis dan langsung merupakan ciri-ciri Dashboard yang baik. Tidak hanya itu Experience User dari dashboard tersebut harus baik. Contohnya adalah performance indicator, revenue, engagement dan conversion rates, tracking, attribution modelling dan indikator lainnya. Berikut ini merupakan prinsip dasar yang harus dimiliki marketing dalam Membangun Marketing Analytics Dashboard adalah sebagai berikut :
- Berfikir menjadi user
Dashboard Anda tidak hanya menampilkan performa dari promosi marketing yang dilakukan, akan tetapi juga menceritakan tentang sesuatu yang terjadi dan mampu menjawab pertanyaan usaha anda, dengan memilih hal pertama yang diceritakan dan memulai tahap selanjutnya adalah design dashboard anda.
- Mengukur hal penting
Disaat anda sadar seberapa banyak data anda dapatkan hanya dari 1 promosi, ketika anda menginginkan menampilkan semua dalam laporan. Namun akan tetapi pada dashboard menjadi tidak berguna apabila seluruh data ditampilkan secara bersama. Oleh karena itu, anda harus memilih KPI yang mengutamakan level mikro dan makro yang bisa membawa penemuan.
- Fokus Usernya
Disaat ingin membangun Marketing Analytics Dashboard harus selalu memposisikan diri sebagai pengguna software dikarenakan User Experience adalah nyawa marketing, kemudian dashboard harus selalu rapi serta intuitive. Design dashboard diusahakan dapat menambah nilai dari User.